Sabtu, 11 Oktober 2014

Psikologi Manajemen

Psikologi Manajemen

I.                 Unsur Psikologis Dalam Manajemen
Manajemen dioperasikan dengan rumusan POAC (Planning, Organizing, Actuating and Conrolling). Untuk bisa menjalankannya membutuhkan perilaku dari manusia dan dalam manusia pasti ada unsur psikologis. Berikut ini adalah unsur psikologis yang dibutuhkan untuk melakukan POAC:
-          Planning
Unsur psikologis yang dibutuhkan dalam planning adalah unsur kognitif (kemampuan berpikir), karena di dalam planning ada penentuan tujuan, strategi dan taktik untuk kemajuan organisasi/ perusahaan yang membutuhkan kemampuan berpikir yang baik.
-          Organizing
Unsur psikologis yang dibutuhkan dalam organizing adalah unsur kognitif (kemampuan berpikir), karena dalam organizing dilakukan penyusunan struktur organisasi dan bagaimana strategi dan taktik yang telah ditentukan sebelumnya dalam planning dapat berjalan dengan baik maka sangat dibutuhkan kemampuan berpikir yang baik.
-          Actuating
Actuating adalah proses memotivasi agar semua pihak yang terlibat dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi, sehingga unsur psikologis yang dibutuhkan adalah unsur sikap kerja (kemampuan menanggapi tuntutan pekerjaan) yang baik serta produktif dan unsur kepribadian (kemampuan mengelola diri pribadi) sehingga dalam menjalankan tanggungjawabnya penuh dengan kesadaran dan menghasilkan pekerjaan yang memuaskan.
-          Controlling
Unsur psikologis yang dibutuhkan dalam controlling adalah unsur kognitif dan juga unsur sikap kerja, karena dalam controlling dibuthkan pemikiran untuk mengevaluasi keberhasilan dan juga untuk mencari solusi terhadap tujuan yang tidak bisa di capai.


II.              Bentuk Perilaku yang Dilakukan Di dalam Manajemen
Saat melakukan manajemen yaitu planning, organizing, actuating dan controlling pasti ada perilaku yang muncul sehingga manajemen tersebut dapat berjalan. Maka berikut adalah sikap yang muncul dalam manajemen:
-          Planning
a. Menetapkan tujuan dan target bisnis
b. Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
c. Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
d. Menetapkan standar/indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis
-          Organizing
a. Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan    menetapkan prosedur yang diperlukan
b. Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab
c. Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja
d. Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat
-          Actuating
a. Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
b. Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
c. Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan
-          Controlling
a. Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan
b. Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan
c. Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis



III.             Sistem Manajemen
“X” Matahari Motor merupakan dealer resmi X yang melayani Penjualan unit, jasa service kendaraan X serta penyedian suku cadang khusus X.
a.       Owner
-          Bertanggung jawab penuh dalam mengkoordinir dan mengendalikan seluruh kegiatan
-          Bertanggung jawab atas tercapainya tujuan perusahaan secara keseluruhan
-          Mendelegasikan wewenang dan tanggung jawab kepada masing-masing bagian sesuai bidangnya
-          Menilai dan menyetujui serta merekomendasikan semua kegiatan
-          Mengesahkan laporan keuangan setiap akhir tahun
b.      Assistant Owner
-          Menerima wewenang dari owner untuk mengontrol jalannya kegiatan setiap harinya
-          Memantau kelancaran operasional dalam penjualan, pemesanan, gudang dan pengiriman
-          Mengevaluasi setiap laporan-laporan yang dihasilkan dari kegiatan operasional
-          Menyampaikan Laporan bulanan kepada Owner
-          Merencanakan dan mengawasi kegiatan penjualan unit,sparepart dll
-          Menentukan strategi memajukan perusahaan
c.       Marketing Unit
-          Berupaya melakukan penjualan sebanyak-banyak nya
-          Bertanggung jawab terhadap image produk dan nama baik perusahaan
-          Menjaga hubungan baik dan sehat dengan customer
-          Menjaga mutu pelayanan kepada customer
-          Memenuhi pesanan customer dengan baik, tepat waktu dan sesuai dengan yang dipesan
-          Melaporkan laporan penjualan unit setiap bulannya
d.      Admin
-          Pengurusan dokumen STNK dan BPKB.
-          Menangani kegiatan yang berhubungan dengan administrasi
-          Bertanggung jawab terhadap hal-hal yang berhubungan dengan keuangan perusahaan
-          Memberikan laporan keuangan dari kas kecil sampai kas besar setiap bulannya
-          Pembukuan data perusahaan
-          Mengeluarkan kas operasional perusahaan
-          Membuat laporan pengeluaran kas operasional perusahaan
-          Memastikan kebenaran penghitungan kas dengan jumlah yang tercantum dalam bukti-bukti yang ada
e.       Chief Mekanik
-          Bertanggung jawab penuh terhadap bengke
-          Bertanggungjawab terhadap karyawan bengkel
-          Bertanggung jawab secara penuh terhadap kegiatan yang terjadi pada bengkel termasuk kegiatan administrasi
-          Menangani pengaduan pelanggan terhadap cara kerja mekanik
f.       Mekanik
-          Bertanggung jawab terhadap kendaraan yang masuk ke bengkel
-          Melayani pelanggan yang datang ke bengkel.
-          Memperbaiki kendaraan pelanggan yang datang ke bengkel
-          Melakukan pemeriksaan mesin pada kendaraan yang akan diperbaiki
-          Melakukan pengecekan ulang sebelum kendaraan diserahkan kepada pelanggan
g.      Bag. Sparepart
-          Membuat catatan pengeluaran dan pemakaian suku cadang
-    Membuat laporan suku cadang yang dibutuhkan agar dapat segera dilakukan pemesanan
-          Membuat PO pemesanan barang
-          Memperhatikan stok sparepart agar selalu tersedia
-          Melakukan SO rutin terhadap persedian suku cadang
h.      Costumer Service (CS) dan Kasir
-          Menerima Telepon masuk
-          Menerima pendaftaran service saat ada pelanggan masuk
-          Mencatat keluhan-keluhan pada kendaraan yang akan di service
-          Mencatat Data kendaraan pelanggan
-          Melayani customer saat melakukan pembayaran
-          Pengurusan KSG
-          Membuat laporan peneriaman kas harian
-          Bertanggung jawab terhadap kas kecil bengkel beserta pengeluaranya