IBD Sebagai Salah Satu
MKDU
A. Pengertian, Tujuan
ISD dan IPS
1. Pengertian ISD
ISD adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial,
khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan
menggunakan teori-teori (fakta, konsep, teori) yg berasal dari berbagai bidang
pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti Geografi Sosial,
Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan
Sejarah) MK.
ISD merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan
pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep2 yg dikembangkan untuk
melengkapi gejala2 sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan
penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan ,
sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
2. Tujuan ISD
ISD membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian
mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan ciri-ciri kepribadian
yang diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan
tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lain, serta sikap dan
tingkah laku manusia-manusia lain terhadap manusia yg bersangkutan secara
timbal balik.
3. 3 Kelompok Ilmu
Pengetahuan
1. Ilmu-ilmu Alamiah
( natural scince ) : Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui
keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal
ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hokum yang berlaku
mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan
suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini
lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian
100 5 benar dan 100 5 salah.
2. Ilmu-ilmu
sosial ( social scince ) : ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji
keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk
mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu
alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran.
Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia initidak dapat berubah
dari saat ke saat.
3. Pengetahuan
budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti
kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan
metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat
unik, kemudian diberi arti.
B. ISD dan IPS
1. Perbedaan ISD
dan IPS
Adapun perbedaan antara keduanya adalah :
Ilmu Sosial Dasar
diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di
Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
Ilmu Sosial Dasar
merupakan satu matakuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan
kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
Ilmu Sosial Dasar
diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan
Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
2. Persamaan ISD
dan IPS
Adapun persamaan antara keduanya adalah :
Kedua-duanya
merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
Keduanya bukan
disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
Keduanya mempunyai
materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
C. Ruang Lingkup ISD
Tiga golongan bahan
pelajaran ISD :
1. Kenyataan
maslah dalam masyarakat, yang secara
bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
2. Konsep-konsep
social tentang kenyataan social berbatasan dengan konsep dasar atau elemnter
saja yang diperlukan untuk mempelajari masalah social yang di tuangkan dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
3. Masalah-masalah
yang muncul di dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai
kenyataan-kenyataan social yang antara yang satu dengan yang lainnya berbeda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar