Kamis, 20 Juni 2013

tips makan sehat dan hemat



Tips Makan Sehat dan Hemat
Ada beberapa kebiasaan dan pola makan tidak sehat, namun justru menguras dompet. Mengganti kebiasaan itu dengan yang lebih sehat, tentu akan mengurangi jumlah uang yang harus Anda keluarkan.
Berikut beberapa kebiasaan baik yang mungkin dapat mengurangi pengeluaran makan Anda:
1. Buat kopi sendiri
Anda memiliki kebiasaan minum kopi? Minum kopi dengan cara yang tepat sebenarnya memiliki manfaat bagi kesehatan karena memiliki efek antioksidan. Khasiat maksimal kopi bisa diperoleh selama Anda tidak meminumnya dengan tambahan gula dan krimer.
Kebiasaan minum kopi lebih hemat bila tak dilakukan di warung kopi atau cafe. Bayangkan berapa banyak biaya yang perlu dikeluarkan bila Anda rajin ngopi di cafe? Satu cangkir kopi yang Anda beli dapat menghabiskan belasan hingga puluhan ribu rupiah, bukan? Bayangkan jika Anda bisa menghematnya dengan membuat kopi sendiri.

2. Ngemil kacang
Ngemil merupakan kebutuhan makan yang dilakukan di sela-sela jam makan besar. Ngemil sebenarnya bermanfaat untuk mencegah untuk tidak terlalu lapar, sehingga tidak makan berlebihan di saat waktu makan.
Namun terkadang orang salah dalam memilih camilan, yaitu camilan yang tidak sehat sekaligus mahal, seperti keripik atau soda. Daripada memilih camilan yang tidak sehat dan menguras dompet, cobalah ngemil kacang.. Ada banyak jenis kacang yang dapat dijadikan camilan. Penyajian kacang dengan tanpa digoreng atau minyak juga relatif lebih sehat. Selain harganya yang relatif lebih murah, kacang juga memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan.

3. Hari tanpa daging.
Vegetarian cenderung lebih hemat untuk urusan makanan. Jika Anda belum ingin menjadi vegetarian, setidaknya cobalah untuk mengurangi konsumsi daging dengan mencoba hari tanpa daging. Gantilah daging dengan makanan lain yang tentunya lebih murah, seperti kacang, jamur, tahu, ikan, umbi, dan sayur-sayuran.

4. Kurangi makan di luar.
Kebiasaan makan di luar tentu sudah diketahui lebih menguras dompet daripada makan di rumah. Selain itu, makanan yang dijual biasanya memiliki kadar lemak dan garam yang lebih tinggi. Maka, mulailah untuk mengurangi frekuensi makan di luar. Sebagai gantinya, cobalah lebih sering membawa bekal dari rumah. (kompas)


Sumber: http://kuncihidupsehat.blogspot.com/2013/04/tips-makan-sehat-dan-hemat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar